Chat with us, powered by LiveChat
Deskripsi-Gambar

DITEMUKAN CANDI DI GUNUNG WILIS

BANNER-GIF-DASH86


Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, terus melakukan ekskavasi terhadap struktur bangunan seperti candi. Bangunan yg ditemukan di kaki Gunung Wilis itu diperkirakan menjadi loka pemujaan.

Tim BPCP yang terdiri berdasarkan 14 orang, termasuk juru peta, juru gambar, arkeolog, bersama anggota juru gali, setidaknya membutuhkan waktu ekskavasi kurang lebih 20 hari.

"Eskavasi mulai lepas 6, nanti planning hingga 20 hari. Tapi efektifnya mungkin 15 hari karena mereka harus menyusun laporan pulang ke tempat kerja," istilah Endah Setiyowati, Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan, Selasa (13/8/2019).

Eskavasi kedua yg dilakukan ketika ini mencakup tiga tahapan aktivitas, yakni  zonasi, pemetaan, dan penggalian. Lokasi bangunan seperti candi ini berada pada dataran tinggi lereng kaki Gunung Wilis di area hutan KPH Kediri dengan jarak tempuh berjalan kaki kurang lebih lebih menurut dua kilometer.

Ia memperkirakan bangunan mirip candi tadi, merupakan peninggalan zaman Kerajaan Kadiri. Dulunya tempat ini diperkirakan menjadi tempat pemujaan. Hal ini diperkuat menggunakan tidak ditemukanya patung atau relief pada lokasi.

"Sementara masih dugaan aja, era masa Kadiri. Ya diperkirakan loka pemujaan lantaran nir ada relief, tidak ada patung yang ditemukan, sementara ini belum ada," pungkasnya.

Endah Setiyowati menambahkan, umumnya bila ditemukan suatu tempat pemujaan selalu ada korelasinya menggunakan sumber mata air atau petirtaan, candi & sebuah gunung yang disakralkan. Masyarakat zaman dulu menganggap gunung adalah suatu tempat berkumpulnya para tuhan.

"Biasanya jikalau terdapat loka pemujaan, terdapat petirtaan, candi & gunung yg diskralkan. Orang dulu percaya bila gunung dusitu loka para tuhan," istilah Endah Setiyowati.

Bahkan tidak menutup kemungkinan apabila di lokasi tempat pemujaan yg ditemukan tersebut terdapat keterkaitan sejarah dengan situs Goa Selomangkleng, Goa Padedean, & Goa Selo Bali yang masuk pada lokasi objek wisata.

Salam Dash86
BANNER-PROMO-SUPER-BARU

0 Response to "DITEMUKAN CANDI DI GUNUNG WILIS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel