Chat with us, powered by LiveChat
Deskripsi-Gambar

SAMSUNG SEBUT INDONESIA TIDAK ADIL TERHADAP APPLE

BANNER-GIF-DASH86

Vice President Samsung Indonesia yang pejabat Asosiasi Entrepreneur Seluler Indonesia (APSI), Kang-Hyun Lee mengharap pemerintah di kabinet selanjutnya bisa kembali memperhitungkan peraturan berkaitan hp di Indonesia, terutamanya TKDN. Menurut pria yang akrab dipanggil "Pak Haji" ini pemerintah harus berkelanjutan memutuskan ketentuan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) untuk jaga keadaan industri telekomunikasi di Indonesia. Waktu didapati dalam acara penandatanganan Ketentuan Menteri berkaitan peraturan penutupan hp black market di gedung Kementerian Perindustrian, Jumat (18/10/2019). Lee menyentuh penentuan peraturan TKDN untuk Apple, sang pabrikan iPhone.

"Jadi ini harusnya diperhitungkan. Mereka (Apple) belumlah ada investment. Mereka tuturnya cuma ada investasi untuk analisa serta peningkatan, tetapi nyatanya keliatannya tidak jalan," papar Lee pada KompasTekno.

Lee merasakan hal itu sesuatu ketidakadilan untuk beberapa pemain lain di industri telekomunikasi yang telah berupaya penuhi TKDN sesuai keinginan pemerintah Indonesia. "Ini tidak adil kan, jadi butuh diperhitungkan . Harusnya adil jadi tolong diperhitungkan," tutur Lee. Pemerintah mulai memutuskan kriteria TKDN sebesar minimum 30 % pada Januari 2017. Ponsel-ponsel 4G harus penuhi ketentuan ini sebelum dapat di pasarkan di Indonesia. Sesuai dengan Ketentuan Menteri Perindustrian Nomor 65 Tahun 2016, Ada banyak jalan yang dapat ditempuh untuk memberi kandungan lokal pada piranti.

Pola pertama mengutamakan piranti keras (hardware) seperti manufaktur hp di pabrik lokal di Indonesia. Pola ke-2 lebih ke arah software dengan menggandeng developer aplikasi lokal. Lalu, pola ke-3 -yang diambil Apple serta dipermasalahkan Samsung- dengan memberi loyalitas investasi dalam jumlahnya tersendiri serta realisasi setahap. Berdasarkan azas keyakinan, pemerintah pada 2017 lalu putuskan untuk memberi sertifikat selamat TKDN untuk Apple walau belum mewujudkan loyalitas investasinya. Apple mempunyai tenggat waktu 3 tahun untuk wujudkan hal itu.

Salam Dash86

BANNER-PROMO-SUPER-BARU

0 Response to "SAMSUNG SEBUT INDONESIA TIDAK ADIL TERHADAP APPLE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel