Chat with us, powered by LiveChat
Deskripsi-Gambar

TELKOMSEL PERTAMA DI BATAM, BERKAT BJ HABIBIE

BANNER-GIF-DASH86

Presiden ke-3 RI BJ Habibie sekaligus juga Bapak Tehnologi Indonesia meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019, sore.

Satu diantara putra paling baik bangsa itu mengembuskan napas paling akhir di umur 83 tahun di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Tidak hanya jadi figur penting dalam tehnologi pesawat terbang nusantara, BJ Habibie nyatanya ikut membidani kelahiran operator seluler Telkomsel. Demikian disibak dalam info sah Telkomsel yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (12/9/2019).

BJ Habibie dipandang seperti figur penting dalam riwayat berdirinya Telkomsel di tahun 1990-an. Suami Hasri Ainun Besari itu adalah satu diantara Founding Fathers Telkomsel.

Direktur Penting Telkomsel Emma Sri Martini ucapkan belasungkawa atas berpulangnya BJ Habibie.

"BJ Habibie adalah figur yang penting buat kami, beliau mempunyai jalinan riwayat erat dalam proses beroperasinya tehnologi seluler Global Sistem for Mobile Communication (GSM) di Indonesia dan beroperasinya service Telkomsel pertama-tama di Pulau Batam," kata Emma, dalam info resminya.


Selanjutnya, disebut jika semenjak hadirnya tehnologi GSM di Indonesia sampai berdirinya Telkomsel tidak bisa dipisah

Masalahnya pada tanggal 14 Juli 1993, beberapa direksi PT Telkom menghadap pada BJ Habibie yang waktu itu memegang jadi Menristek RI.

"Di atas sehelai kertas, beliau tuliskan kesepakatan serta aplikasi GSM jadi standard tehnologi seluler Indonesia," papar Emma.

Tulisan BJ Habibie itu jadi rujukan dari langkah besar migrasi tehnologi serta peningkatan industri seluler analog ke digital di Indonesia.

14 bulan selanjutnya, persisnya pada 2 September 1994, BJ Habibie resmikan pengoperasian Telkomsel GSM di Pulau Batam. Waktu itu, Telkomsel adalah nama produk dari PT Telkom.

"Jadi Menristek, beliau lakukan eksperimen tehnologi GSM dengan lakukan jalinan telephone dari GSM Telkomsel pertama, dari Batam ke Jakarta serta London," kata Emma.

Dua peristiwa itu membuat Telkomsel GSM disiapkan serta ditingkatkan jadi satu operator seluler, sampai pada akhirnya pada 26 Mei 1995, Telkomsel lahir.


Semenjak momen bersejarah di Batam, figur BJ Habibie dipandang adalah konsumen setia pertama Telkomsel.

Tetapi, jadi bentuk penghormatan yang terdalam atas andil BJ Habibie, Telkomsel selanjutnya memberi penghargaan jadi konsumen setia ke-100 juta pada perayaan perolehan Telkomsel di tahun 2011.

BJ Habibie sempat juga mengemukakan satu pesan bernilai buat keluarga besar Telkomsel.

'Telkomsel ialah anak serta cucu ideologis-intelektual saya. Terus memberi yang paling baik untuk bangsa' pesan almarhum pada ulang tahun Telkomsel ke-21, 26 Mei 2016.

“Semangat Pak Habibie akan tetap menempel dalam perubahan serta perkembangan Telkomsel. Kami akan melanjutkan harapan serta andil Pak Habibie untuk meningkatkan pemakaian tehnologi untuk perkembangan anak bangsa. Selamat jalan, Pak Habibie," kata Emma memungkasi.

Salam Dash86
BANNER-PROMO-SUPER-BARU

0 Response to "TELKOMSEL PERTAMA DI BATAM, BERKAT BJ HABIBIE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel